Salah satu kalimat memotivasi diri. (Freepik)
Salah satu kalimat memotivasi diri. (Freepik)
KOMENTAR

SELF reminder adalah salah satu cara penting untuk menjaga keseimbangan mental dan emosional menurut banyak ahli psikologi.

Indah SJ, M.Psi, menjelaskan bahwa self reminder dapat berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran diri, membantu mengontrol emosi, dan mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik.

Self reminder juga bisa meningkatkan motivasi diri, terutama ketika menghadapi situasi sulit atau perasaan tidak percaya diri (insecure). Dengan terus mengingatkan diri tentang hal-hal positif, seseorang bisa lebih menerima diri sendiri dan termotivasi untuk terus berkembang.

”Kita tidak bisa membuat semua orang suka sama kita, kita juga tidak bisa membuat semua orang senang dengan apa yang kita lakukan, kita tidak bisa membuat semua orang sependapat seperti kita. Maka dari itu, tidak apa jika tidak melakukan apa yang diharapkan oleh orang lain, tidak apa jika tidak melakukan apa yang dituntut oleh orang lain,” ungkap psikolog Indah dalam akun TikTok @sundarindah (16/9).

”Karena pada dasarnya, sebaik apa pun kita ada dampak buruknya bagi orang lain atau bisa saja ada yang tidak suka dengan apa yang kita lakukan. Jangan memaksa diri untuk melakukan hal yang tidak bisa/tidak disukai, sesekali boleh kok jadi diri kita sendiri, berhenti memikirkan pendapat dan penilaian orang lain. Pikirin diri kamu dulu, pikirin apa yang kamu mau,” lanjutnya.

Manfaat lain dari self reminder adalah kemampuannya untuk menciptakan ketenangan, mengendalikan diri saat emosi sedang memuncak, serta memberikan perspektif yang lebih jernih saat mengambil keputusan penting dalam hidup maupun pekerjaan.

Self reminder juga dapat mendorong kita untuk tetap fokus pada tujuan jangka panjang, sambil meningkatkan rasa syukur terhadap pencapaian yang telah diraih.

Cara paling mudah memulai kebiasaan ini adalah dengan menulis pengingat di catatan pribadi atau menempatkan kutipan inspiratif sebagai wallpaper ponsel di ponselmu. Hal ini akan membantu kamu menjaga fokus dan menata semangat setiap hari.




Buah-buahan Penurun Kadar Kolesterol

Sebelumnya

Bagaimana Cara Mengurangi Rhinitis Akibat Suhu Dingin?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health